1.
Mila kubur sun
gonken samangkin // awit urip kita nemu wanda // wujud kawadis mangkene // dene
planggeranipun // al ngalamu kulu mijidin // saben alam kuwanda // de ngong yen
wu idhup // tertamtu nemi angga // yen manggiha katon tiningalan mangkin //
kusus catur manira.
Dengan demikian,
sehingga yang disebut alam kubur adalah sekarang // karena hidup kita menemukan
jazad/raga // adalah ujud yang baru
seperti ini // sedangkan sebagai dasarnya // al ngalamu kulu mujidan //
setiap alam itu jazad // sehingga jika saya telah di alam kehidupan // pasti
menemukan jazad yang baru // jika sudah menemukan akan kelihatan seperti
sekarang ini// itulah dasar penjelasanku.
2.
Boya samar ingsun
besuk urip // nora ngawur sapunika pejah // uripku cangkrameng kene // anemu
jisim wujud // balung sumsum otot myang daging // getun kesasar pejah //
penasaran agung // godha rencana blis setan // pira-pira neraka rumaket jisim
// balenggu rante wedang.
Tidak ragu lagi
bahwa di akhirat itulah kehidupan // sehingga tidak salah jika sekarang disebut
alam kematian // hidupku sekarang sedang menggemmbara di sini // menemukan
jisim/jazad yang berujud // tulang sumsum otot dan juga daging // saya sangat
menyesal tersesat di alam kematian // alam yang penuh dengan penasaran besar //
penuh dengan gidaan, rencana iblis dan setan // banyak sekali neraka yang
menempel di raga // membelenggu, merantai dengan air yang sangat panas.
3.
Getun temen dene
kita mati // nganggo pancandriya sipat anyar // weteng jerowan angame // ngelak
ngelih katempuh // lara lapa kajibah mami // getih daging nununtun // tar wun
dadya lebu // luru ingon saben dina // besuk ingsun urip pesthi kari // tanpa
kena ginawa-a.
Sungguh saya
sangat menyesal hidup di alam kematian // terpaksa harus menggunakkan panca
indra yang bersifat baru // perut dan isi perut
menuntut // karena haus dan lapar, menderita // sakit dan susah itu yang
harus saya tanggung // darah dan daging hanya mengarahkan saja // yang pada
akhirnya hancur menjadi debu // tiap hari mencari sesuatu untuk memenuhi
tuntutannya // besok ketika saya hidup pasti ditinggal // tidak akan bisa
dibawa.
4.
Akeh temen
rencananing pati // anak bojo bapa biyung sanak // kabeh dadi godha gedhe //
seje karo wong idhup // tanpa apa amung pribadi // ngelak ngelih nesu nora //
mung mupangat nutuk // Sunan Geseng nembung
sabda // heh Seh Jenar iku tan kaprah sireki // bener salah tan lumrah.
Sangat banyak
godaan di alam kematian // Anak isteri Ayah Ibu
saudara // semuanya menjadi penggoda yang besar // berbeda dengan orang
hidup // tidak ada penggoda hanya pribadi yang ada // haus lapar marah tidak
ada // hanya ketenteraman dan ketenangan // Sunan Geseng menyela kata // Wahai
Syeikh Janar pendapatmu tidak wajar // memang betul, akan tetapi tidak lumarh.
5.
Kang mupakat
dalilmu wong mati // nemu awak benjang neng kerat // kang tampa ganjaran tembe
// swarga nraka sing wujud // kang nampani ganjaran akir // esthimu harda salah
// nylayani pra jamhur // kitab Kuran Tanah Ajam // prapteng Jawi Sinung murad
mring munasip // alam besuk kasiksa.
Yang benar dari
dalilmu adalah bahwa orang mati // akan menemukan badan baru di akhirat // yang
akan menerima balasan // berupa surga dan neraka // yang akan menerima balasan
akhir // pemahamanmu sangatlah salah // menyalahai para jamhur // Kitab
Al-Qur’an dari tanah Arab // sampai ke Tanah Jawa jika salah Murad dan
munasipnya // di akhirat kelak akan mendapat siksa.
6.
Anenarik tyas
tameng dumadi // ywa nerajang budi kadurjanan // masjid dadya kijab gedhe //
manembah ring Hyang agung // ngegungaken
keraton Widhhi // supaya kyeh widada // dadining tumuwuh // ngeker durtaning
agama // raja-kaya kewan wana samodradi // nora karya duraka.
Juga untuk
mengajak pikiran dan sebagai tameng dalam kehidupan // agar tidak melanggar
budi durjana // masjid sebagai sarana besar // untuk tempat menyembah Hyang
Agung // mengagungkan kerajaan Tuhan // agar hidupnya selamat // dalam
kehidupannya // untuk menahan perusak Agama // Kekayaan yang berupa hewan hutan
dan samudra // tidak akan membuat durhaka.
7.
Anging janma
manungsa kang juti // jeneng ala kahananing dunyo // kabeh janma saantero //
kamulyan uga manus // mangka sira ngantepi budi // kalurug durteng gama //
brastha sembah sujud // nyenyampah hambaning tama // wus byawara warata wedi
ring Gusti // sumebar tyas susela.
Namun
manusianya-lah yang salah // mengangap jelek kehidupan dunia // semua makhluk
di seluruh dunia // segala kemuliaan
adalah milik manusia // sedangkan engkau meyakini budi // sehingga menyesatkan
Agama // menghapus menyembah dan sujud // menghina hamba yang berlaku utama //
sudah terkenal merata bahwa takut kepada Tuhan // akan menyebar di hati yang
punya adab.
8.
Mangke sira babar
kawruh pingging // ngabaraken mejang elmu nasak // temtu kajurang lakune //
krana donya kotemu // katon ala tumular warti // mratani cakrawala // jagad
anggeguyu // ngerang erang marang sira // kawruh donya kang katon sira singkiri
// tansah ngrabaseng karsa.
Akan tetapi kamu
sekarang mengajarkan ilmu yang sangat dangkal // mengabarkan dan memberi ajaran
ilmu yang salah // pasti akan masuk jurang jalannya // karena dunia menurut
anggapanmu // kelihatan jelek dan kau sebarkan // merata di bawah cakrawala //
kau akan ditertawakan oleh dunia // dan dunia akan mengejek menghina dirimu //
ilmu dunia yang nampak kau hindari // dan selalu kau terjang sekehendakmu.
9.
Seh Sitibang
mesem-mesem angling // Geseng caturmu tan payu sigar // bribil sawiji sun emoh
// padene wali ngasruh // catur methit saluhur langit // ko tunjang brangkang
nglongan // san atimu luhur // ingsun wus tutur bab donya // enggon nraka duka
cipta panas perih // wruh kabeh wong pralaya.
Syeikh Sitibang
sambil tersenyum-senyum berkata // Geseng ! kata-kata tak ada harganya sama
sekali // satu pendapaymu pun saya tidak mau // begitu juga omongan para wali
membuat kerusakan // tinggi bicaranya setinggi langit // sampai-sampai kau
terjang merangkak di kolong ranjang // dan hatimu mengaku berilmu tinggi // Aku
sudah menjelaskan tentang dunia // adalah tempatnya neraka, duka cita panas dan
pedih // semua orang mati telah melihatnya.
10.
Wus enggone paran
kita mungkir // sanadyan Jeng Mukamad ing kuna // antuk siksa nraka gedhe //
kaburak mlayu nyingkup // nyingit manjing guwa tana wrin // saking delape
sungkan.// mulih marang idhup // gumlar donya owel eman // emoh ninggal blubut
luwung aneng bumi // seje lan Sitirekta.
Sudah menjadi
tempat kita dan tidak bisa menghindar // Walau pun pada jaman Kanjeng Nabi
Muhammad // juga mendapat siksa neraka temat sangat besarnya // diusir
melarikan diri dan bersembunyi // masuk ke dalam gua karena belum memahami //
oleh karena masih sungkan // pulan ke alam kehidupan // masih senang melihat
keindahan dunia // dan tidak mau meninggalkannya lebih baik tetap ada di bumi
// berbeda dengan Sitirekta (Siti Jenar).
11.
Rina wengi nangis
ngeling-eling // getun temen lameng sun kasasar // mring donya mati mengkene //
anganggo daging balung // nunggang kreta
payungan sakit // neng kasur kinebutan // awak sruwa kaku // tur
wardayanipun susah // mikir-mikir sarwa kurang kyai pikir // tetep donya naraka.
Siang malam
menangis jika ingat // sungguh menyesal sangat lama saya tersesat // berada di
alam kematian seperti ini// memakau daging dan tulang // naik kereta memakaia
payung rasa sakit // di atas kasur dikipasi // badan sakit terasa kaku // dan
juga hati selalu merasa sedih // apa pun yang dipikir selalu kurang // tetap
dunia itu adalah neraka.
12.
Sunan Ngudung
pasrangkara aris /heh ta paman Pangran Siti Jenar // benermu tekadmu dhewe //
amung gedhening luput // sira wani-wani memarid // mejang elmu kadyeka // wong
kang tampa manut // bubrah harjaning pranata // akeh janma nekad ngupa dalan
pati // reh tembe nyipta gesang.
Sunan Ngudung
berkata lembut // Wahai Paman Pangeran Siti Jenar // yang kau anggap benar itu,
benar menurut pendapatmu sendiri // karena besarnya kesalahanmu sehingga // kamu berani mengajarkan // ajaran
ilmu yang seperti itu // sedang orang yang menerima menurut saja // rusaklah
tatanan yang baik // banyak orang yang mencari mati // karena menganggap akan
masuk ke dalam hidup.
13.
Marga-marga
pasar-pasar tintrim // muridira karyarda ruhara // kapethuk wong nekad bae //
rehning donya na ratu // wenang wajib bengkas duskarti // kang kadya siswanira
// samya keh kapikut // tinanya jawab tan krama // pinanjara aneng sepir nglalu
pati // wus pira-pira janma.
Jalan-jalan, pasar-pasar
menjadi sepi // muridmu-lah yang membuat kerusuhan dan huru hara // jika
berjumpa dengan orang selalu nekad // oleh karena di dunia itu ada Raja // yang
berwenang dan wajib menumpas perbuatan
jahat // seperti yang dilakukan oleh para muridmu // sehingga banyak yang di
tangkap // jika di tanya dijawab dengan tidak sopan // dimasukan ke dalam
penjara, kemudian bunuh diri// itu sudah dilakukan oleh banyak dari muridmu.
14.
Marma ingsun
sakanca tumrapti // wus kajibah bangsaning uliya // nyirep tekadmu mengkono //
aja kebanjur-banjur // sira mangke dipun timbali // dening Sultan Bintara //
iku suratipun // karan nawala wasesa // lamun mopo wus kena ingsun ngrampungi
// jabut lunganyanira.
Oleh karenanya,
saya beserta kawan-kawan datang ke sini // karena kewajiban bagi para Auliya //
untuk menghnetikan tekadmu yang seperti itu // jangan sampai berlarut-larut //
kamu sekarang di undang // oleh Sultan Bintara // itulah suratnya // yang
disebut surat kuasa // jika kamu membangkang sudah sah kami ini menghukum //
dan mencabut nyawamu.
15.
Wasesaning ratu
trang Hyang Widdhi // reh wus mupakat para bijaksana // sarak yudanagri awor //
dadya rad juga rembug // mutus nalar kadya sireki // beguguk bangkang karsa //
bebaluhi dudu // hawa durtaning prajarja // jaman mulya temah ruhara wit dening
// Jenar klakuwanira.
Kekuasan Raja
adalah sebagai wakil Tuhan // dan sudah merupakan kesepakatan para bijak //
Syariat dan hukum negara telah menyatu // jadilah satu keputusan // untuk
memutus seperti jalan pikiranmu ini // bertidak semaunya dan membangkan seperti
// kelakuan orang gila sehingga menyebabkan // kerusakan dalam tata aturan
negara // negara yang sudah aman menjadi penuh huru hara yang disebabkan oleh
// kelakuan Siti Jenar beserta para muridnya.
16.
Sunan Kalijaga
manabda ris // heh Siti Jenar sun ringkes kewala // akeh padu tanpa gawe //
mung loro lakunipun // lah pilihen sawiji // urip kalawan laya // ywa mangro
karepmu // Pangran Lemahbang sru tanggap // pindho gawe sapa gelem pilih mati
// mati sugih druhaka.
Sunan Kalijaga
menambahi kata // Wahai Siti Jenar saya ringkas saja // banyak bertengkar tidak
berguna // hanya dua pilihanmu // pillihlah salah satunya // ingin hidup atau
mati // janga mendua kehendakmu // Pangeran Lemahbang segera menjawab // duakali
kerja, siapa yang mau memilih mati // mati banyak durhaka.
17.
Ingsun milih urip
kang tan mati // balik langgeng ora iki-ika // nanging yen milih sun emoh //
nadyan sun karsa idhup // ya sakarepingsun pribadi // tan nganggo Wali-sanga //
ngulihake mringsun // kaya dudu mukmin tama.// wong yun uirp jaluk tulung mring
sesami // lah mara saksenana.
Saya dmemilih
hidup yang tidak pernah mati // kembali menjadi langgeng tidak itu ini // namun
jika harus memilih, saya tidak mau // walaupun saya ingin hidup // itu
sekehendak diriku sendiri // tidak oleh Wali-sanga // memulangkan diriku //
seperti bukan mukmin yang utama // orang ingin hidup minta tolong kepada
sesamanya // silahkan kalian saksikan.
18.
Ingsun mulih
pribadi ring urip // Sunan Benang sumambunga wecana // Jenar kapriye kanthane
// apa kang kanggo manthuk // lelantaran dalan ngendi // mesem Pangran
Lemahbang // kowe wali cubluk // dhemen gumlaring donya // lamun Siti Jenar
bosen nora apti // wus lantih dalan gesang.
Saya akan kembali
sendiri menuju hidup // Sunan benang menyangbung denga pertanyaan // Jenar !! bagaimanakah
caranya // apa yang dipergunakan untuk pulang // dengan lantaran jalan mana ?
// maka tersenyumlah Pengran Lemahbang // kamu wali bodoh // senang melihat
gemerlap dunia // akan tetapi Siti Jenar sudah bosan dan tidak menginginkannya
// sudah ahli dan paham jalan hidup.
19.
Yen
si Jenar nutup banyu-urip // bangsa nyuda tirta nirmala // banyu kayad cara
Rabe // sajratul makripatu // cacah telu ping telu siji // gungung sanga
tirmaya // mratani sakojiur // katelu mumpuni karsa // nomer juga perlu wruh
luwih premati // telu purbaning kodrat.
Jika
Si Jenar menutup AIR KEHIDUPAN // dengan cara mengurangi Tirta Nirmala // Air
Hayat bahwa Arabnya // Sajratul MA’rifatu // berjumlah tiga, kali tiga, satu –
jumlah // sembilan tirtamaya // merata di seluruh badan // yang ketika
menguasai kehendak // Yang nomor satu harus memahami rahasi yang tersimpan //
tiga kekuasaan Kodrat.
20.
Nomor loro kodrat
dayeng urip // yen kinukut budaya subrastha // nomer tri telu cacahe // pandulu
myarsa ambu // dayeng tirta kayad
murbani // pancandriya susawa // kampulnya katukup // UNING UNONG UNINGENA // pintu telu
kagulung dumadi siji // jumeneng suksmantata.
Nomor dua Kodrat
Daya Hidup // jika dihilangkan budi daya kekuatannya // nomor tiga ada tiga jenisnya //
Penglihatan mendengaran dan penciuman // Daya Tirta Hayat yang menguasai //
semua Pancaindra // kumpulnya tercakup menjadi // UNING UNING UNINGENA // tiga
pintu disatukan menjadi satu // akan menjadi SUKMA.
21.
Warnanira ijo
biru wening // maya-maya lir bun tempuh surya // yeka purbaning para wong //
bangsa bajingan kecu // kere ngemis nglemper neng margi // padha lawan narendra
// wali Nabi Jambhur // tan siwah yayah kalpika // ngudrat purwa madya wasananing
urip // ingkang murba amasesa.
Warnanya adalah
hijau, biru dan bening // bersinar lembut bagaikan embun terkena sinar matahari
pagi // itulah yang menyebabkan orang menjadi // golongan penjahat // kere,
pengemis, gelandangan di jalanan // sama juga dengan para Raja // Wali, Nabi,
para Jamhur // tidak ada bedanya bagaikan sebuah cincin yang mengelilingi //
Kodratnya, awalnya, tengahnya dan akhir hidupnya // itu-lah yang berkuasa dan
menguasai.
22.
Dudu
daging balung getih kulit // dudu eroh napas beneh nyawa // eling angen-angen
dede // tatkala ngendranipun // saking karsa kasasar mampir // nemu wanda
manira // pati aranipun // cangkrama wujud Gusthika // mung rasane wus yayah
rahsaning urip // uninong
uningena.
Bukan daging, tulang, darah dan kulit //
bukan ruh, nafas dan juga bukan nyawa // bukan keinginan dan bukan pulla
angan-angan // ketika peng-indra-annya // berasal dari kehendak tersesat singgah // menemukan raga diri ini
// disebut Pati (mati) // bercengkarama dengan wujud diri // hanya rasa yang
mirip dengan rasa hidup yang sesungguhnya // Rasalah yang merasakan dan yang
memahami (Uninong Uningena).
23.
Cacah sanga tumengkaring wali // Wali-sanga dijejeri nama
// dhewe-dhewe kaya kowe // nanging sira buh mau // sun pestheken durung
mangerti // jaba Seh Maolana // Sunan Benang embuh // embuh denger embuh ora // Sunan Kali mung rasane
bae uwis // sanga ora uninga.
Berjumlah sembilan berkembang menjadi Wali // Wali-sanga
– digandengkan dengan nama (seperti nama sembilan wali – untuk memudahkan saja
– hanya nama bukan manusia – atau bukan wali sembilan yang sudah dikenal banyak
orang.Pen) // sendiri-sendiri seperti kamu // namun kamu entahlah (paham atau
tidak) // saya pastikan kamu tidak paham apa yang saya sampaikan // kecullai
Syeikh Maolana, // Sunan Benang entahlah // entah paham entah tidak / Sunan
Kalijaga hanya paham rasanya saja itu sudah cukup // yang lainya tidak ada yang
memahaminya.
24.
Jer iku kang
karan uwoh kuldi // Nabi Adam kadukan caluthak // mangan woh kuldi lir ingong
// sanandyan para manus // kabeh padha tau ngicipi // temah kasiku kita //
wahyeng donya nemu // sawarga lawan neraka // aran pati lan rasakna para wali
// bingung sajarwaningwang.
Karena itulah
yang disebut buah Kuldi // Nabi Adam mendapat murka Tuhan kerana melanggar //
makan buah Kulldi seperti saya // dan semua manusia // semunya pernah
merasakannya // akhirnya medapat murka sehingga kita // terlahir ke dunia
berjumpa dengan// surga dan neraka// yang di sebut pati,, dan coba rasakanlah
wahai para wali// kalian semua kebingungan mendengar uraian saya.
25.
Awit kowe weruhmu
mung siji // dene ingsun telu babar pisan // yeka woh kuldi rasane // banyu
kayad ranipun // kang cangkrama murba kawadis // manusa nora bisa // mobah
mosik muwus // jumenengnya pancandriya // saking tirtamaya suryaningrat Jisim
// Gunawan Wibisana
Karena kamu hanya
satu yang kamu ketahui // sedangkan saya, tiga sekaligus // yaitu rasa dari
buah kuldi // Air hayat namanya // yang menggerakan dan menguasai alam rahasia
hidup // manusia tidak akan bisa // bergerak, berfikir, berkata // sedangkan
yang menghidupkan Pancaindra // disebut Tirtamaya Suryaningrat bangkai //
Gunawan Wibisana.
26.
Barang apa
katiban mosik // budayeng tirtamaya luwih kuwat // getih daging nora bosok //
napas jumeneng tulus // kadum sanga midraweng jisim // jamaknya dadya tiga //
jroning siji telu // Sunan Benang nambung sabda // heh ta Jenar pajarna
sawiji-wiji // cocoknya Jawan kitab.
Barang apa saja
yang terkan akan bergerak // daya kekuatan Tirtamaya lebih kuat // Darah dan
daging tidak akan busuk // nafas akan terus tetap ada // terbagi menjadi
SEMBILAN dan menyebar di dalam badan // jamaknya (umumnya) menjadi tiga // tiga
di dalam satu // Sunan Benang menyela dan berkata // Wahai Jenar, jelaskanlah
satu demi satu // sesuaikan dengan isi kitab.
27.
Paran denya
ngracut siji-siji // satemene sun durung waskitha // ngleksanani gawe //
prapteng telenging banyu // kodrat sirna panulak silib // temah nora kuwawa //
dibyeng kayad banyu // Pangran Jenar mesem nabda // layak kowe kelingan
budining santri // nistharda tanpa krama.
Karena uraianmu
satu demi satu // sesungguhnya saya belum paham // bagaimana cara
pengetrapannya // sampai dengan inti air – kodrat hilang sebagai penolak yang
salah // sehingga tidak mampu // melampaui Air Kehidupan // sambil tersenyum
Pangeran Jenar berkata // Pantas kamu tertutup budi santri // nista dan tanpa
tata krama.
28.
Nadyan bisa pasthi
tuna luwih // luput-luput korup panasaran // weruh barang sarwa aneh // sesotya
mas umancur // rajabrana boga mawarni // jer pangertimu salah // ngimpi kang
kok gilut // terkadang nora supena // wus mangkono santri gundhul luru pokil //
bungah ana sedhekah.
Walaupun kau bisa
pasi kau hitung untung ruginya // salah salah justru kamu menjadi penasaran //
bisa melihal hal-hal yang aneh // perhiasan, emas, berlian // kekayaan, dan
perlengkapan lainnya yang beraneka rupa // karena pemahamanmu yang salah.//
mimpi yang kamu dalami // terkadang bukan ilham // sudah begitu adanya santri
gundul pencari harta // senang jika mendapat sedekah.
29.
Heh kabeh kang
neng kene pra wali // prastawakna pangracutingwang // kodrat lawan iradate //
aja nganti tumpang suh // akul mukmin saru yen mulih // tan wun dadya pocapan
// yen kleru pamugut // marma akeh wong sekarat // kodrat durung sirna
angen-angen menit // purwane jempalikan.
Wahai para wali
semua yang ada di sini // perhatikanlah penjelasan ku tentang // Kodrat dan
Iradat // jangan sampai salah paham // kalian semua Hakul Mukmin malu jika
pulang nanti // akan menjadi bahan omongan // jika salah memahami // maka
banyak sekali orang yang sedang sekarat // jika Kodrat belum hilang //
angan-angannya setinggi langit // akhirnya jungkir balik.
30.
Ana maneh sekarat
macicil // pandirangan jlalatan lir kampak // yeka salah pangracute // tandha
wong durung tau // anglakoni rasaning pati // mulane wajib wenang // wong sinau
ngunjuk // nginum dhewe nora bisa // Wali mentah nginumi tanggane wasis // poma
aja mengkana.
Ada lagi ketika
sekarat mata melotot // banyak tingkah; jelalatan persis kampak // itu karena
salah jalannya (pangarutnya) // itu tanda orang yang belum pernah //
merasakan rasa meninggal dunia //
sihingga wajib dan boleh // orang belajar minum // minum sendiri (merasakan
sendiri.Pen); tidak bisa // wali yang masih mentah memberi minum tetangganya
yang pandai // sungguh.. janganlah begitu.
31.
Sunan Geseng
nulya nambung angling // sok makaten kakang Siti Jenar // kathah wong klentu
yen layon // sasar kelantur-lantur // pancandriya masih rumati // pepak
cangkrameng murda // napasnya kagulung // angen-angen wus rumangsa // nadyan
loncat banyu kayat dereng apti // dadya manggya sarwendah.
Sunan Geseng
kemudian berkata // Walau pun demikian wahai Kakak Siti Jenar // banyak orang
yang salah ketika meninggal dunia // akan tersesat jauh // sedangkan
pancainderanya masih ada // lengkap jalan pikirannya // napasnya hilang //
angan-angan masi bisa merasakan // walau telah kehilangan air Hayat // akan
melihat yang serba indah.
32.
Tamtu den anggep
jana tunangim // kerup karem angen-angen murtat. // kabudayane meh layon //
seneng donya tumuwuh // cipta rahsaning pikir // kuripan donya nikmat // punika
tyas buruh // bujang kang dhemen klayaban // tan amaksi tembe urip nora mati //
donya puniki nraka.
Tentu akan
danggap sebagai Janna tunangin (Surga tertinggi) // terbawa oleh angan-angan
yang salah // karena kebiasaanya ketika akan mati // senang pada keindahan
dunia // rasa cipta di pikirannya // dihidupi oleh kenikmatan dunia // itu
adalah pikiran kuli // bujang yang suka keluyuran // tidak merasa bahwa
besok hidup bukan mati // dunia ini
adalah neraka.
33.
Leres kyai Jenar
kula esthi // sojar tuwan mutakad mukminkas // sayogya dadya pangilon // tar
kumasi wallahu // donya campur Kawula Gusti // kawulane neng swarga // Gusti
neng nraka gung // Pangran Jenar nabda sugal // hus sireku Cakrajaya mukmin
lamis // yen nyata payo gesang.
Betul; Kyai
Jenar, saya sependapat // apa yang kau sampaikan “mutakad Mukminkas //
sebaiknya untuk berkaca // Tar kumasi wallahu // alam dunia adalah tempat bercampurnya
atau perpaduan antara hamba dan Tuhannya // kawula berada di surga // sedang
Tuhan berada di neraka agung // Pangeran Jenar berkata kasar // Hai ! Kau
Cakrajaya, mukmin munafik // jika benar yang kau katakan, mari kita hidup.
34.
Yen tan gelem sira
sun jak urip // bareng sadina iki heh Cakra // tetela budimu remeh //
gumunggung karan jamhur // waliyollah den aji-aji // jinunjung winiwaha //
mring wong Buda cubluk // yen gelem saiki sira
// sun jak urip tetep mukminngil malahi // tegese wruh Pangeran.
Jika kau tidak
mau ku ajak hidup // pada hari ini juga, hai Cakra // ternyata budimu rendah //
bangga disebut jamhur // sebagai Wali Allah yang dihormati // ditinggikan dan
disembah // oleh orang beriman yang bodoh // jika memang benar engkau mau, sekarang
kamu // saya ajak hidup sebagai Mukmin tinggi yang menguasai // artinya telah
melihat Tuhan.
35.
Kagyat Jeng Sunan
Kalijaga maksi // tetela trang Sunan Geseng Nedya // mestu Jenar mutakade //
duka sadalem kalbu // mring Ki Geseng sarwa netrandik // tumungkul Cakrajaya //
wrin semuning guru // deduka pasang sasmita // harda getun Sunan Geseng tobat
sarwi // nangis mahywa swanita.
Terperanjat
Kanjeng Sunan Kalijaga mendengar itu // ternyata jelaslah bahwa Sunan Geseng
hendak // mengikuji jejak Syeikh Siti Jenar // hingga marah di dalam hatinya //
kepada Ki Geseng terlihat pada tatapan matanya // menunduklah Cakrajaya //
melihat sikap gurunya // marah terlihat pada sikapnya // menjadikan dia
menyesal, maka bertobatlah Sunan Geseng sambil // menagis dengan airmata darah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar