1.
Derambeg ulah
jiwita // Seh Siti Jenar kaesthi //
mrengkang saking Wali-sanga // jemak kiyas dalil kadis // tumullar nyakrawati
// kasub kasumbageng catur // budyarda widayaka // gunardika ngatas kawrin //
kang cinipta donya ingaranan laya.
Rupanya sikap
Syeikh Siti Jenar // dalam keyakinannya // berbeda Madzab dengan Wali-sanga //
Ijma’, Kiyas, Dalil dan hadits // yang diyakini para wali sema dengan Hukum
syariat yang dijalankan Raja // Hal ini sudah menjagi rahasia umum// Ia ingin
menyebarkan keyakinannya // bahwa masa yang akan berlalu // hidup di Dunia
dalam keyakinannya adalah alam kematian.
2.
Jroning pati swarga
nraka // bagya cilaka pinanggih // yeka gumelaring donya // cocok dalil
asmarakandhi // analmayid pikubri // wayajidu kalibahu // satuhune wong pejah
// rumaket jiwangga manggih // geganjaran swarga lawan naraka.
Di alam kematian
(hidup di dunia) surga dan neraka // selamat dan celaka itu ujud itu semua //
ujud dari isi alam dunia // cocok dengan dalil yang berasal dari Arab // yang
artinya // bahwa sesungguhnya ketika manusia meninggal dunia // jiwanya akan
mendapatk jasad yang baru // dan akan mendapat balasan berupa surga atau
neraka.
3.
Iya iku sapunika
// wis pira-pira nandhani // suprandene Wali Sanga // akeh kaliru nampi //
mangkya ingaran urip // besuk den arani lampus // mangka Sri Lemahbang //
rinten dalu mardi budi // guna dibya ing kawruh muksaning angga.
Itu adalah keadan di dunia ini//
tanda yang disebutkan di alam kematian telah itulah adanya // Sakan tetapi
keyakinan Wali-sanga // banyak yang salah tafsir // hidup di dunia itulah yang
disebut kehidupan // yang akan datanglah alam kematian // Padahal Sri Lemah
Abang // siang malam selalu berusaha // mencari pemahaman dan ilmu tentang
mati.
4.
Muridnya Jenar
sekawan // kang wus bijaksana kakiki // Juga wasta Ki Busana / Ki Wanabaya
kekalih / Ki Canthula kaping tri // Ki Pringgabaya ping catur // punika kang
wus pana // Pramanem tekad sawiji // mantep tetep kamulyan ing tembe gesang.
Siti Jenar
mempunyai empat murid // yang telah menguasai ilmu hakikat // yang pertama
bernama Ki Busana // Ki Wanasaba yang kedua // Ki Canthula yang ketiga // Ki
Pringgabaya yang ke empat // mereka telah memahami // terangnya tekad yang satu
// mantap teguh, bahwa kemuliaan dan hidup yang hakiki itu ada di masa
kehidupan mendatang.
5.
Donya ingaranan
pejah // mengku ala lawan becik // lara kepenak myang bagya // cilaka nraka
suwargi // tetep sajroning pati // marma kabeh kang wus gilut // ngraket
kawruhnya Jenar // rinten ratri minta urip // tan kawawa nglakoni pati neng
donya
Dan dunia disebut
alam kematian // yang mengandung baik dan buruk // sakit dan sehat , serta
bahagia dan // celaka, surga dan neraka // itu ada di alam kematian// sehingga
bagi yang telah memahami hal itu // akan mengikuti ilmu dari Siti Jenar //
siang malam memohon hidup // karena tidak tahan menjalankan kematian yang sedang
di alami di alam dunia ini.
6.
Kathah para
siswantara // manca desa manca nagri // ngatas pojaran mulyarja // anom tuwa
jalu estri// reraton ulah mardi // de wewejanganing kawruh // Lemahbang ring
sekabat // winruhken purbaning urip // kaping kalih wruhken pelawangan gesang.
Banyak dari murid
nya yang berasal // dari lain desa dan dari manca negara // berguru untuk
mendapatkan ajaran mulia // tua muda laki-laki dan perempuan // berkumpul dan
mendengarkan // Wejangan dan ajaran ilmu nya // Lemahbang memberikan ajaran
kepada sahabatnya // menjelaskan tentang asal hidup itu dari mana // yang kedua
mengajarkan pintu kehidupan.
7.
Ping tiga
panggenan benjang // urip langgeng tan pantawis // ping catur panggenan pejah
// kang linakon ing semangkin // lawan malih paring wrin // jumenengnya Kang
Mahaluhur // dadine bumi kasa // para murid ingkang tampi // kathah siswa kang
nglalu golek prakara.
Yang ketiga
tempat yang akan datang // hidup kekal tiada batas // yang keempat tempat
kematian // yang sedang dijalani saat sekarang // dan juga membiri ajaran //
Kekuasan Yang Maha Kuasa // dalam mencipta bumi dan langit // Para murid yang
menerima ajaran tersebut dan tidak mempu memahaminya // menyebabkan banyak
murinya yang kehilangan akal dan ingin
segera meti dengan jalan mencari perkara.
8.
Liwung aneng
marga-marga // yayah kunjana ambeg diri // lumaku tan gelem nyimpang // nekad
nunjang cipteng galih //pamrih karampok nuli // mulih marang tetep idhup // tan
betah aneng donya // darpa ngupaya yun panggih // samya gila sedaya nukrata.
Bersikap seperti
orang gila di jalanan // bersikap semaunya dan sombong diri // berjalan di
tengah jalan tidak mau ke tepi // dalam pikirannya hanya ingin di tabrak //
dengan harapan segera menemui kematian // kembali memasuki alam kehidupan //
karena tidak kerasan terlalu lama di dunia // bagi yang tidak menemukannya
jalannya bersikap semaunya // bagaikan orang gila sehingga membuat banyak orang
gketakutan.
9.
Ing pasar geger
puyengan // wong nekad ngupa prakawis // mamrih songkolan tabokan //
pepenthungan ngunus keris // gya konjuk sri Bupati // tumulya dhedhawuh mikrut
// kacekel gedheng asta // sekala laju den sepir // aneng buwi samya manglalu
pralaya.
Di dalam pasar
terjadi kegegeran yang hebat // Ada orang nekad mencari masalah // agar terjadi
adu kekuatan dan perkelahian // Salin pukul menggunakan rongkat dan saling
serang menggunakan keris // Kejadian tersebut segera dilaporkan ke Raja //
Kemudian raja memerintahkan untuk menagkapnya // setelah tertangkap di ikatlah
tangannya // di bawa kemudian di masukan ke dalam penjara // di dalam penjara
kemudian bunuh diri sehingga matilah.
10.
Tur dereng nganti
kapriksa // ketrangan sedyaning kapti // denira karya ruhara // Sri Narendra
dhawuh malih // kinen ngupaya murid // Seh Lemahbang kang majenun // yuh
kapriksa ingkang trang // dupantyara ari malih // nuju pasar ana catur sabat
Jenar.
Padahal belum
sempat diperiksa // untuk dimintai keterangan duduk permasalahnnya // sehingga
membuat onar di dalam pasar // Kemudan Raja memerintahkan lagi // untuk mencari
murid // murid Syeikh Lemahbang yang berbuat gila// untuk dimintai keterangan
agar jelas permasalahannya // pada beberapa hari berikutnya // di dalam pasar
ada empat orang sahabat Syeikh Siti Jenar.
11.
Karya dedrah
murang kaprah // gya cinekel ing panjagi // bintara wus tinalenan // katur
ngarsaning narpati // kapriksa paran marmi // murang silaning tumuwuh //
mangsuli tanpa krama // mung ngupadi dalan urip // nora kuwat lama nglakoni
palastra.
Membuat keributan
tanpa ada masalah // segera mereka ditangkap oleh penjaga // berpangkat bintara
dan sudah diikat tangannya // segera dibawa menghadap raja // kemudian
diperiksa apa sebabnya // melanggar aturan dalam kehidupan // mereka menjawab
dengan tidak sopan // dengan jawaban sedang mencari jalan hidup // sudah tidak
tahan telalu lama menjalani kehidupan di alam kematian.
12.
Ingsun muridnya
Sitibang // kang gunardika reh elmi // putus duga lan watara // tetela ing
donya mati // jleh bosen sun umaksi // gumlaring bangke ting blulung // mayid
sapirang-pirang // ratu pangulu pepatih // jaksa kabeh susawa temeh gusthika.
Hamba murid
Syeikh Sitibang // yang sudah kenyang mengenyan ilmu // telah paham atas segala
hal // bahwa ternyata kehidupan dunia adalah kematian // dan sudah tidak sudi
serta bosan hamba melihatnya // dengan banyaknya bangkai saling berlalu lalang
// mayat sangatlah banyaknya // Raja, Pemuka Agama, Patih // dan para Hakim
semuanya terheran-heran.
13.
Pra oliya
Walisanga // santri-santri kyai-kyai // batang kabeh nora wikan // prandene
paksa ambleg dir // kumawawa wong mati // pinardi sembahyang sujud // manembah
Nama Allah // Sejatine donya iki // nora bisa weruh sipatnya Hyang Suksma.
Murid Syeikh Siti
jenar berkata lagi : Para Auliya Wali-sanga // para santri dan para kyai //
tidak menyadari bahwa kalian semua adalah mayat // akan tetapi kalian dengan
bangga // mengajari para mayat // kalian ajari agar menjalan shalat dan
bersujud // dan berdo’a hanya sebatas menyembah Nama Allah // behwa
sesungguhnya di dunia ini // tidak akan bisa mengetahui Sifat Tuhan.
14.
Guyub muridnya
Seh Siti Jenar // marang kramaning lestari // estri priya beg barama // marma
kyeh prakara dadi // daredah kadya baring // warna-warna ngupa layu // ana
ngajak sudukan // tumbak pedhang cipteng galih // supayane mulih marang jaman
gesang.
Semua muris
Syeikh Siti Jenar // memiliki kelakuan yang sama // pria wanita semau
kelakuannya sama saja // sukanya mencari perkara // sehingga banyak terjadi
kericuan dalam masyarakat // bermacam-macam cara untuk mencari mati // ada yang
mengajak saling menghujamkan senjata // ada yang saling melompar tombak, ada
yang beradu pedang terdorong oleh keinginan // agar cepat berpulang ke alam
kehidupan menurut paham mereka.
15.
Murid kang tan
nglalu jiwa // ngumbar wicara tan apti
// marang tangga-tangganira // mangkana wuwusnya murid // heh kanca-kanca mami
// ana dene kawruhanmu // sira keneng pitenah // pembujuknya Wali mukmin //
kang supaya ngereh tan nganggo prabeya.
Sedangkan murid
yang tidak mencari mati // mengumbar kata-kata yang tidak karuan // yang
ditujukan kepada tetangga kanan kirinya // beginilah ucapan para murid Siti
Jenar // Wahai semua saudara-saudaraku // bahwa ilmu yang telah kau dapatkan //
Bahwa kalian
telah mendaat fitnah // itu merupakan tipuan para Wali Mukmin // agar supaya
bisa menguasai kalian dengan tanpa mengeluarkan biaya.
16.
Semana Sultan
Bintara // sadarpa ngungun ing galih // dupi kathahing prakara // saben-saben
tampi warti // ing mancapraja desi // ana wong liwung reh dudu // ngrusak
arjeng pranata // ngayu pati lir punagi // wong kunjana muridnya Seh Sitiretna.
Atas kejadian
tersebut, membuat Sultan Bintara // terheran-heran di dalam hatinya // disebab
oleh karena banyaknya kejadian // setiap
harinya selalu menerima kabar // dari daerah lain // bahwa ada orang yang
selalu kebingungan dan berbuat yang bukan-bukan // dan berbuat yang menentang
peraturan yang ada // yang bertujuan mencari mati /// dan kesemuanya itu yang
melakukan adalah murid dari Syeikh Siti Retna.
17.
Sedene Sri
Naranata // tampi pratelaning patih // lapurnya pratinggi desa // wonten
durkertateng bumi // datan mamrih punapi // mung ngupadi marga layu // sabatnya
Pangran Jenar // nata gya ngandikeng patih // heh ta paman sira nglakokna
duratma.
Sehingga pada
suatu ketika Sang Raja // mendapat laporan dari patihnya // bahwa ada laporan
dari petinggi desa // bahwa ada para pejahat // yang tidak menginginkan apa-apa
// selain hanya menginginkan kematian // semuanya adalah para sahabat Pangeran
Jenar // Sang Raja segera memerintahkan kepada patihnya // Wahai Paman Patih,
segeralah lakukan penyamaran.
18.
Caraka mrang
kartibaya // sandi tarek talbul ngelmi // marang dhukuh Krendhasawa // ring
wismeng Pangran Sitibrit // pethuk myang slajeng warti // derandum kawruh beg
guru // mahywa mejang penasar // geseh ngadating leluri // matur nuwun sandika
kyanapatya.
Kirimlah utusan
ke Kartibaya // dengan cara menyamar dengan jalan seolah hendak berguru // ke
Desa Krendhasawa // menuju kediaman Pangeran Siti Brit // carilah berita
selengkapnya // mengenai ilmu yang diajarkannya // apa isi ajaran menyebabkan
penasaran // berbeda jauh dengan ajaran yang sudah ada // Sang mengucapkan
terima kasih dan siap melaksanakan tugas.
19.
Manuding kalih
punggawa // kang ahli rasaning elmi // tur wong gunarda susastra // surtning
sedya winangsit // sendika wisata glis // lestari prapteng dhudhukuh // wus
panggya ngataskara // ing reh lukitaning kapti // Pangran Jenar sigra jarwa
tanpa warna.
Menunjuk dua
orang punggawa // yang ahli dalam hal ilmu Agama // dan juga ahli dalam ilmu
sastra // segeralah keduanya diberi pesan // setelah paham apa yang harus
dilakukannya segeralah mereka berdua berangkat // dan telah tiba dengan selamat
di desa tujuan // dan telah bertemu dengan sang pertapa // yang telah menguasai
berbagai macam ilmu // Pangeran Jenar segera memberikan ajaran tanpa ada rasa
curiga.
20.
Kathah
panunggilanira // sesarengan tampi elmi // dupi wus trang Cakrakarwa // pamitan
mantuk lestari // tantara aneng margi // prapteng Bintara cumundhuk // ngarsane
kyanapatya // gya den irid manjing puri// konjuk nata matur lampahnya dinuta.
Pada saat itu
kebetulan sedang banyak yang hadir // bersama-sama menerima ajarannya // Dan
ketika sudah bisa memahami atas segala ajarannya // kedua utusan tersebut berpamitan
pulang // tidak diceritakan perjalanannya // Setelah sampai di Bintara segera
menghadap // kepada Ki Patih // kemduain segera di ajak masuk ke dalam keraton
// untuk menyampaikan hasilnya atas tugas yang di embannya.
21.
Purwa madyaning
wasana // langkung ngungun Sri Bupati // Ngandika heh paman patya // paran
pamunahmu dadi // srananen brastha weri // Sitibang maling majenun // menawa
ngambra-ambra // buka rusiyaning bumi // kyana patih matur dhuh Gusti prayoga.
Diceritakan
semuanya molai awal sampai akhir // Terheran-heranlah sang Raja // sehingga
berkata : “Wahai Pama Patih // Ini menjadi tugasmu // bagai mana cara
menghilangkan duri kerajaan // Siti Beng (Sini Jenar) pencuri gila // Jika
ajarannya sampai berkembang // akan membuat kerusakan di bumi // Sang patih
berkata : “Wahai sang Raja ..
22.
Paduka pribadya
pangya // matur pramodaning wali // wonten durtaning wali // wonten durtaning
Agama // murang pranataning dini // rehning puniku mukmin //tur antuk asma
kasebut // Pangeran tandha muktas // kawruh susilaning Gami // ngatas karsanira
Kangjeng Walisanga.
Sebaikanya Paduka
pribadi mengadakan pertemuan // dan menyampaikan kepada para Wali // bahwa ada
yang merusak citra wali // karena ada yang merusak Agama // melanggar tata
aturan Agama // oleh karena dia seorang mukmin// dan juga mendapat julukan nama
dengan nama // Pangeran sehingga dia menguasai // Ilmu tata aturan Agama //
akan tetapi ajarannya bertentangan dengan ajaran Wali-sanga.
23.
Pethuk narendra
busana // rumanti tindak ing Masjid // tantra prapta tur pranata // pra wali
kurmat sing linggih // gya salaman waradin // gantya-gantya nulya lungguh //
parek lang srinarendra // cinakra na karya gati // Walisanga reh lukita pasang
karna.
Maka Sang Raja
berganti pakaian // dan segera pergi menuju ke masjid // Setibanya di masjid
semuanya telah siap menyambutnya // para wali semuanya memberi hormat dan
memberi tempat duduk // kemudian semuanya saling bersalaman // saling
bergantian dan kemudian duduk kembali // dekat dengan Raja // para wali paham
bahwa ada sesuatu yang penting yang perlu dibicarakan // Segeralah Wali-sanga
mempersiapkan diri untuk mendengarkannya.
24.
Nulya Sinuhun
Bintara // matur ing Benang sang yogi // pukulun atur uninga // ing waktu
mangkya keh jalmi // nglebur pranateng adil // brastha silaning tumuwuh //
sekel mlija sunarta // suda kertaning bumi // praja rengka gempal harjaning
widada.
Kemudian Sang
Prabu Bintara // mengatakan kepada Sunan Benang gurunya // Wahai Guru saya
menyampaikan // pada saat ini banyak para manusia // merusak tata keadilan //
menghancurkan tata aturan kehidupan // bagaikan pedagang yang melakukan
kecurangan // akan merusak keberkahan dunia // kerajaan akan mudah terjadi
perpecahan yang akhirnya bisa menghancurkan negara.
25.
Pasar-pasar
marga-marga // dhusun-dhusun tegal sabin // pundi nggen pangupajiwa //
kadhatengan janmi karti // mangarep enggal mati // dereng panjagi amikut //
kula priksa aturnya // angupadi dalan urip// piyambakipun donya ingaran
pralaya.
Di semua pasar
dan di jalanan // di semua desa, tegal dan sawah // dimanapun tempat untuk
mencari penghidupan // selalu didatangi // oleh manusia yang mengharapkan
segera meninggal dunia // sehingga ditangkap oleh para penjaga // setelah saya
periksa, mereka mengatakan // mencari jalan hidup // karena mereka beranggapan
bahwa dunia adalah tempat kematian.
26.
Sesambatnya boten
kiyat // kadangon rumaket pati // tandang bisana beg durga // yayah rasmala met
pati // salajengipun manjing // panjara neng buwi layu // sampun kathah lepiya
// mekaten wahywaning pamrih // dene dhusun ayom sami ngrampok siya.
Mereka mengeluh
sudah tidak tahan // terlalu lama berada di alam kematian // kelakuannya tidak
punya aturan bagai kelakuan raja setan // semuanya bertujuan agar bisa cepat
mati // akhirnya dimasukan // ke dalam penjara kemudian mereka bunuh diri dan
mati // sudah banyak contohnya // dan itulah yang mereka harapkan // Bahkan
desa yang tenteram, mereka hancurkan dan mereka rampok.
27.
Dadya tawuran
bujana // datan kendhat siyang ratri // kula upadi kang murwa // weh kawruh
mekaten panggih // jeng Pangeran Sitibrit // kang kondhang jumeneng guru //
kagugu para mudha // temah mursaling urip // reh wejangan donya punika
gusthika.
Mereka jadikan
sebagai tempat pesta perkelahian // tidak putus siang malam // Saya berusaha
mencari apa sebabnya // memberi ajaran yang demikian, yang akhirnya // saya
temui Pangeran Sitibrit (Siti Jenar) // yang sudah menjadi guru besar dan
sangat terkenal // Ajarannya sangat diyakini oleh para pemuda // yang pada
akhirnya menyesatkan hidunya // karena mereka menganggap dunia adalah tempat
kesengsaraan.
28.
Kawula lajeng
nyundaka // kita purih manjing murid // dwi Ginasrana Bijaksa // sampun
kawejang nampeni // tiyangipun puniki // kang kula kinen geguru // dupi sampun
matur trang // amta lajeng sowan mriki // ngasta karsa sarehning bangsa uliya.
Kemudian saya
mengirim utusan // utusan itu saya suruh untuk menyusup menjadi muridnya // Dua
utusan yang sudah berbekal ilmu syariat dan hakikat // keduanya telah menerima
ajaran Siti Jenar // kedua utusan tersebut // yang saya suruh untuk berguru //
sudah menyampaikan semua hasilnya kepada saya // sehingga saya datang ke sini
// dengan maksud minta pendapat kalian semua dari para Auliya.
29.
Lamun kula
rudapaksa // tindaking nagari krami // pinten bobotnya Seh Jenar // Sunan
Benang ngandika ris // bener jebeng narpati // kudu rembug Wali Wolu // Sebab Pangran Lemahbang //
wus jumeneng wali luwih // yen mengkono sun pribadi kang utusan.
Jika saya harus
menggunakan cara kekerasan // atas tindakan membuat onar negara // tidak ada
apa-apanya kekuatan Syekh Siti Jenar // Sunan Benang memberi jawaban // Benar
apa yang disampaikan Raja // harus dimusyawarahkan dengan WALI DELAPAN // Sebab Pangeran
Lemahbang (Siti Jenar) // sudah menjadi wali yang
tinggi // Jika demikian, saya sendiri yang mengirim utusan.
30.
Wis Sultan sira
kondura // tembe yen ana gineming // jebeng pasthi kaaturan // tibaning
krampungan mesthi // sandika Sri Bupati
// mundur wus datan cinatur // ucapen
Walisanga // samya gusthi ingkang dadi // sayogyarja mahyeng kukum
madya-tama.
Wahai Sultan
silahkan kembalai ke Keraton // nanti jika ada yang harus saya sampaikan //
Sultan pasti akan di beri tahu // setelah masalah ini selesai // Sultan pun
kembali ke keraton // kepulangannya tidak diceritakan // Wali-sanga megatakan
// Sudah menjadi kehendak Tuhan // sebaiknya gunakan cara hukum yang paling
utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar