1.
Nahen wonten Wali hambeg luwih // nguni asal wrejid bangsa
sudra // antuk wenganing Tyas bolong // tarbukaning Hyang Weruh // Sunan Benang
ingkang murwani // tatkala mejang tekad // muruk mirid kawruh // ring jeng
Sunan Kalijaga // neng madyaning rawa nitih giyota di // Sitibang antuk jarwa.
Dikisahkan ada
seorang wali sakti // yang berasal dari rakyat jelata // mendapat anugerah
pemahaman hati // bisa mengenal Tuhan Yang Maha Tahu // Ilmunya di dapat dari
Sunan Benang // ketika sedang mengajarkan ilmu rahasia // serta sedang membaiat
// Kanjeng Sunan Kalijaga // di tengah rawa di atas perahu // Sitibang (Siti
Jenar) mencuri dengar isi ajaran rahasia itu dari Sunan Benang.
2.
Mila mangke
tyasnyarda kelair // Umahywa tekad kajabariyah // kadariyah mangsud tyase //
andhaku datullahu // Budi eling den anggep Gusti // Pangeraning manungsa // isnipat
rongpuluh // mawujud kidam lan baka // mukallapahlil kawadis nyulayani //
gumlarnya barang anyar.
Sehingga munculah
ilmu hakikat di Tanah Jawa// yang berdasar tekad Jabariyah dan Kadariyah //
mengaku hanya Dzat Allah yang ada // (Hilangnya ego diri ) sehingga budi dan
kesadaran diri semata-mata hanya Allah yang menggerakannya; bukan atas dorongan keinginan diri (seperti
sikap dan perbuatan Nabi Khidir ketika Nabi Musa sedang berguru kepadanya;
bahwa yang dilakukan oleh Nabi Khidir merusak perahu, membunuh anak kecil dan
membangun rumah; bukan atas kehendak dirinya, tapi semata-mata kehendak Tuhan)
// Hilangnya ego diri semata-mata semua atas kehendak Tuhan-nya manusia // yang
mempunyai sifat duapuluh / Wujud Qidam baqa // Mukhalafatuhu lilhawadits yang berbeda dengan // segala ciptaanya yang
bermakna sebagai barang baru.
3.
Kodrat iradat
jumenengnya elmi // kayan samak basar lan kadiran // muridan ngaliman kehe //
dwidasa cacah kaglung // rumaket ing bumi lestari // tegese wujud mutlak //
dadya dzat ranipun// tan wiwitan tan wekasan//nora sangkan nora paran
ngenalyakin // ing tekad sipattolah.
Qudrat (Maha
Kuasa) Iradat (Berkehendak/bekemauan) dan Maha mengetahui // Hayat – Maha
Hidup) Sama’ – Maha mendengar; Basar – Maha Melihat; Qadiran – Berkuasa;
Muridan – Maha Menentukan; ‘Aliman – Maha Mengetahui; // yang telah mengetahui
dan menguasai sifat dua puluh ini maka ia telah menyatu dengan Tuhan sehingga
hilanglah diri hanya Tuhan yang ada // Arti dari wujud mutlak // adalah disebut
Dzat Tuhan // Tiada awal dan tiada akhir // Tidak berarah dan tidak bertempat,
harus dengan ‘Ainal yaqin // dalam memahami sifat Allah ini.
4.
Seh Sitibang
manganggep Hyang Niddhi // wujud nora kang katon satmata // sarupa yayah
dheweke // sipat-sipat mausup // lir wujudnya bleger tar kaksi // warnarda
tarpa ceda // mulus alus lurus // kang nyata tan wujud dora // lirnya kidam
dhihin jumeneng tan kari // saking pribadinipun.
Syeikh Sitibang
(Siti Jenar) beranggapan bahwa Hanya Tuhan yang tetap ada // Ujudnya Dzat-Nya
sangat Nyata namun tidak tidak bisa dilihat mata // Yang ada pada-Nya bagaikan
sketsa kehidupan // yang bentuk dan rupanya tidak ada yang tercela // mulus
halus dan lurus // itulah ujud yang nyata bukan kepalsuan // Arti sifat Qidam bahwa
Dia adalah awal dari segala yang ada dan dia paling dahulu // segala yang ada
berasal dari Dia.
5.
Basa baka
langgeng tampantawis // nora rumaket lara kapenak // jumeneng neng kana kene //
tan ikut nora iku / mokallapah lilkawadisi // pradikane prabeda // lan sakehe
wujud // barang anyar gumelar ing rat // nyulayani sipat kahanan dumadi //
jroning bumi akasa.
Baqa adalah yang
kekal tanpa batas // tidak tersentuh sakit dan enak // Adanya di setiap yang
ada // tapi tidak berada di setiap yang ada // Mukhalafatuhu lilhawadits //
artinya berbeda // dengan wujud // yang berupa sesuatu yang baru yang digelar
di seluruh Jagad Raya // Dan sifat-Nya pun berbeda dengan sifat segala yang ada
// baik di bumi dan di angkasa.
6.
Tembung kodrat
kapasang pribadi // nora ana kang mirib kang madha // tur buda datanpa prabot
// ngadam praptaning wujud // jaba jero sebab sawiji // iradat tegesira //
karsa tanpa ngrembug // elmu kawruhing kahanan // ingkang pisah saking
pancadriya tebih // ngungkuli punglu tinggar.
Sifat Qudrat
yaitu Maha Kuasanya hanya Dia yang memiliki // Dan kekuasaannya tidak ada yang
mirip apalagi menyamai // dan dalam menjalankan kekuasaannya tanpa menggunakan
alat // dari yang belum dicipta sampai yang sudah maujud // kodrat lahir dan
batin sama saja // Iradat artinya // Berkehendak tanpa meminta pertibangan //
Ilmu artinya Maha Mengetahui atas segala sesuatu // Segala sesuatu yang tidak
terjangkau pancaindra pun Dia mengetahui.// Lebih cepat dari kecepatan peluru
cepatnya Dia mengetahui.
7.
Kayad urip sarana
pribadi // tes-tinetes kayunya pribadya // uripe nora nganggo roh // tan melu
lara ngelu // sirna bungah susah norapi // jumeneng sakarsa-karsa // yeku kayad
kayun / Seh Siti Jenar waskitha // tertela trang waskitheng jalma linuwih // marga ngaku Pangeran.
Hayat; Dia-lah
Yang Maha Hidup // Segala yang hidup berasal dari Daya hidup-Nya // dan Daya
hidup-Nya tidak menggunakan Ruh // Dan Maha Hidupnya tidak terkena sakit dan
pusing // Dan tidak terkena senang dan susah// Maha hidup-nya sekehendak-Nya //
yaitu sumber dari segala yang hidup // Syeikh Siti Jenar sangat memahami sifat
dua puluh Tuhan // terlihat dari waskita-nya dan dia adalah manusia yang
mempunyai kelebihan // Dan dia telah paham bahwa yang ada di dalam dirinya
semuanya adalah Sifat Tuhan (dan dia
merasa bahwa sifat dirinya tidak ada
yang yang ada hanya Sifat Tuhan).
8.
Salat limang
wektu puji dhikir // prastaweng tyas karsanya pribadya // bener luput tampa
dhewe// sadarpa gung tertamtu // badan alus kang munah karti // ngendi ana
Hyang Suksma // kajaba mung ingsun // mider donya cakrawala // luhur langit
sapta jro bumi tan panggih // wujudnya dat kang mulya.
Shalat lima waktu
memuji dan berdzikir // Persaan hati itu kehendak pribadi // benar salah diri
yang menerimanya // karena belum memahaminya // bahwa badan halus (Tuhanlah) yang menggerakannya // Tidak ada Hyang Sukma
(Tuhan) // selain hanya Ingsun (Tuhan) // Walau dicari dalam luasnya dunia //
di tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi
tidak bakalan ketemu // wujud dari Dzat Yang Maha Mulia.
9.
Ngendi-endi kabeh
sepa-sepi // ngalor-ngidul ngulon ngetan tengah // kana-kene mung neng kene //
kena wujudku dudu // anging jroku awang uwung sunyi // isi daging jrowan //
rereged dalemku // dudu jantung dudu utak // ingsun ingkang pisah lir culing
jemparing // Mekkah Madinah kambah.
Di manapun
tempatnya, semuanya sepi / Ke utara, selatan – barat – timur dan tengah // di
sana di sini ternyata di sini // tapi bukan di wujud diri // karena wujud diri
itu kosong dan sunyi // berisi daging dan isi perut // hanya kotoran di dalam
tubuhku // bukan jantung bukan otak // Ingsun (Tuhan) adalah yang terpisah bagaikan sekali lepasnya panah // Mekah Madinah didatangi.
10.
Dudu budi
angen-angen ati // beneh eling pikir
beneh niyat // hawa barat napas dene // suwung lan wang wung dudu // wandaningsun jisim
kawadis // tan wun dadya Gusthika // bosok mawor lebu // napasku mindraweng
jagad // Bumi geni banyu angin mulih asli // yeka anyar sedya.
Bukan budi bukan
angan-angan hati // benar dalam ingatan, benar dalam berpikir, benar dalam niat
// udara, angin, nafas adalah // kosong dan sunyi itu pun bukan // jasadku
adalah jisim yang beda // tidak akan bisa menjadi Tuhan // busuk menjadi debu
// nafasku memutari dunia // bumi, api, air , angin kembali ke asalnya //
semuanya adalah bersifat yang baru.
11.
Wangsul ingsun
dat kang muksmeng Widdhi // pangeranku sifat jalal kamal // nora karsa salat
dhewe // nora arsa dhadhawuh // de wong salat pakoning budi // budi lanat
musibat // tan kena kagugu // salin-salinparentahnya // menela-menele tatemeni
nora dadi // tansah ngajak durjana.
Sedangkan Ruh ku
akan kembali kepada Tuhan // Tuhanku yang Maha Mulia dan Maha Indah // Tidak
berkehendak shalat sendiri // tidak berkehendak memerintah // karena orang
shalat adalah perintah budi // budi jahat mendatangkan musibah // tidak bisa
dipercaya // berganti-ganti ajakannya // tidak tetap dan tidak bisa dipercaya
// dan selalu mengajak pada perbuatan durjana.
12.
Jroning salat budiku
memaling // jroning dhikir budi nyidrasmara // kadhang melik amal akeh // seje
datul guyubu // ingsun iki kang Mahasuci // dat maulana nyata // kang layu
kayapu // tur nora kinaya ngapa // mila Siti Jenar budi nuksmeng Widdhi //
ngrusak gama Mustapa.
Ketika shalat
budiku berpaling // ketika berdzikir budiku mengingkari // kadang hanya sebatas
hanya ingin beramal banyak saja // beda dengan Dzat yang Maha Ghaib // Tuhan
Yang Maha Suci // Dzat yang Maha Nyata // Yang tidak bisa mati seperti diriku
// dan tidak bisa dijangkau pikiran // Sehinga kalbu Siti jenar sebagai
singgasana Tuhan // berbeda dengan Agama Syariat.
13.
Datan nggugu
prentahing si budi // jengkang-jengking neng masjid ting krembyah // ganjarane
besuk tembe // yen katarimeng laku // sejatine nora pinanggih // neng dunya bae
padha // susah samya mikul // lara sengsara tan beda / marma Siti Jenar mung
ngantep siji // Gusti dat Maulana.
Tidak mengikuti
perintah budi // berjungkir-jungkir di dalam masjid dengan pakaian kedodoran //
pahalanya di kelak hari // itu pun jika diterima ibadahnya // padahal aslinya
tidak akan mendapatkannya // karena di dunia pun semuanya sama // sama-sama
mengalami derita // sakit kesengsaraan tidak ada bedanya // sehingga Siti Jenar
hanya yakin pada yang Satu // Tuhan Dzat Maulaya.
14.
Kang sudibya
gunardika murti // tur kang mengku sipat kalidasa// atas sabarang karsane //
kuwasa murweng kawruh // ing jalal kahar jamal kamali // nirmala muka warna //
yayah kawulanipun // wahyeng angga tan katara // sekti murti mumpuni salwir
dumadi // mindrawa Endraloka.
Yang Maha
Segalanya // Yang mempunyai sifat duapuluh // di dalam setiap Kehendak-Nya //
Yang Maha Mengetahui // Maha Mulia, Maha Menentukan, Maha Indah, Maha Sempurna
// sangat jelas ada-Nya // Sangat menyayangi hamba-Nya // sampai di badan walau
sang hamba kadang tidak menyadarinya // Sakti, mengetahui, dan menguasai segala
yang ada // bagaikan di Indraloka.
15.
Yeka ingkang den
anggep Hyang Widdhi // Seh Sitibang darmastutyeng karsa / sumarah ing reh
dhawuhe // Tekad jabariyah kaglung // Kadariyah wimbaning lahir // madhep
mantep tur panggah // kuwat ing pangaku // kukuh kasmala nirdaya // angantepi
urip prapteng layu yakin / tan mangran budi cipta.
Itulah keyakinan
tentang Tuhan // yang dianut oleh Seh Sitibang, bahwa segala kehendaknya //
diserahkan kepada kehendak Tuhan // Di dalah hatinya dia meyakini bahwa segala
sesuatu adalah sudah kehendak Tuhan
(Jabariyah –segala sesuatu telah menjadi ketetapannya –manusia sebatas
menjalankan saja )// Sedang sifat Kadariyah (Manusia berkehendak) dalam sikap
lahirnya // dengan keyakinan dan juga sangat // kuat dalam keyakinannya //
Teguh tak tergoyahkan // kuat keyakinannya selama hidupnya sampai kematiannya
// Tidak menuhankan Pikiran dan Budi. (Catatan : Syeikh Siti jenar dalam batin
mengikuti Jabariyah .. dalam lahir mengikuti Qadariyah).
16.
Ciptaning tyas
Siti Jenar maksi //Wujudira den anggep Mukamad // mengku rasul sanyatane //
Mukamad sipat kudus // anyar urip padha nganyari // rumaket pancandriya //
sajatine gadhuh // yen wus kapundhut kang gadhah // dadi lemah bosok mumur dadi
najis // paran dadya gandhulan.
Cipta dalam hati
Syeikh Siti Jenar bahwa // ujudnya adalah sama saja tidak ada bedanya dengan
Jasad Muhammad (sama-sama jasad manusia) // sebagai tempat segala rasa //
Sedang Nabi Muhammad sendiri adalah bersifat Suci // Rasa yang baru dan selalu
berganti yang baru // yang bersatu dengan Pancaindra // yang sesungguhnya hanya
sebatas mempergunakan saja tidak ikut memiliki // jika telah diambil oleh yang
menciptakan (Tuhan) // akan menjadi tanah, busuk dan akan menjadi najis // hal
seperti itu malah yang dipertahankan.
17.
Budi pikir
angen-angen eling // tunggal wujud akal keneng edan // susah bingung lali sare
// budya keh nora jujur // rina wengi mangayu drengki // mrih raharjane pribadya
// rusaking lyan sokur // srei wekas nrak durjana // tur gumunggung umuk temah
tibeng nisthip // ngalani wandanira.
Budi. Pikiran,
angan-angan dan kesadaran // yang menyatu dalam akal bisa menjadi gila //
sedih, bingung, lupa dan tidur // dan kebanyakan tidak jujur // siang malam
mempunyai sifat dengki // agar hanya dirinya yang senang // kesengsaraan orang
lain justru yang diharapkan // Serakah dan bersifat durjana // suka disanjung,
membanggakan diri yang akhirnya malah salah // justru akan membuat rusaknya
raga.
18.
Getun yen wus
tumiba ing dhiri // seje dat wajibul mulyaning rat // mulyaning budaya kabeh //
wandaning jalma amung // ana wujud karsa sawiji // iku bae tan bisa // ngakoni
sadhawuh // roro maneh kuwawaa // lah ta endi pisahe dat lawan budi // supaya
janma nrima.
Menyesal bila
telah menimpa diri // Beda dengan Dzat Wajibul Wujud // Maha Mulia atas
segalanya // sedangkan jasad makhluk hanyalah // hanya wujud rasa saja // itu
saja tidak bisa // menjalankan semua perintah // apalagi jika dua tidak akan
mampu melaksanakannya // dimanakah terpisahnya badan dengan budi // agar
manusai bisa bertawakal.
19.
Seh Lemahbang
rumaket jatining // eneng sirnaning antaya mulya // dat kadimah budayane //
dalilnya ramahetu // sah manganil kahub lirneki // uculing jemparing plas //
gendewane embuh // srengat tarekat kakekat // myang makripat palastha tanpa
kang budi // dat tajalining wanda.
Syeikh Lemahbang
sangat memahami inti // ketenangan
setelah hilangnya kemuliaan diri oleh kemuliaan Dzat yang Maha Kekal //
hukumnya memang tidak nampak nyata baaikan // larinya anak panah yang lepas
dari // busurnya,, entah ke mana // Syari’at, tariqat, Hakiqat // dan juga
ma’rifat akan mati tanpa adanya budi // sebagai pedoman dari badan.
20.
Lapal Allah tanpa
warna kaki // sajatine bingung embuh nyata // anulya jumeneng wit bingong
//dadya musamanipun // jati asma neng kalmisani // yantayumin kaolina // cukul
reh pamuwus // Muhammadun Rasulullah // wujud kapir sipat jisim bosok mimir //
mumur dadya bantala.
Lafal Allah tanpa
warna wahai anaku // Sebenarnya Dzat-nya sangat membingungkan // karena telah
ada begitu saja // sebutan seperti yang telah berlaku // tumbuh bersama dengan
ucapan // Muhammad Rasulullah // jika sebatas ucapan maka itu ujud kafir
bersifat jasad busuk yang hancur // lebur menjati tanah.
21.
Seje kita mukmeng
dat linuwih // kang sadarpa sakti dibyeng laya // midraweng rat Pangraningong
// murba masesa ulun // sipat wahadaniyat sawiji // Esa langgeng ngembara //
angungkuli punglu // dudu budi dudu nyawa // dudu urip tanpa sangkan saking
pundi // tanpa paran ing sedya.
Beda dengan kita
yang meyakini Dzat Yang Maha segalanya // Yang Maha Kuat tidak kekal selamanya
// Menguasai segala dunia itulah Tuhan-ku // Yang mengusai segala jiwa dan
ragaku // Yang mempunyai sifat Wahdaniyah artinya Yang satu // Tunngal
selama-lamanya // tunggalnya melebihi bulatnya peluru // bukan budi bukan nyawa
// bukan hidup dan Dia adalah Yang Awal
// dan Yang akhir.
22.
Dadya sejati
yayah wujud mami // tan rekasa kodarat warnanira // mlaya saparan-parane //
nora nglak nora lesu // tanpa lara lapa myang ngelih // gunardi karjeng kara //
adreng cipta luluh // lebdane saking jiwangga // tan ketara wahywanya nora
nglabeti // pangya wus aneng kana.
Jadilah inti
dalam wujud diri // sangatlah mudah atas kodratnya // yang mempu pergi
kemanapun juga // tidak merasa haus
ataupun lelah // tidak merasa sakit ataupun lapar // jika muncul suatu
keinginan // bergerak cepat bersama cipta // yang keluar dari jiwa // tidak
terasa dan tidak membekas // dalam sekejap telah sampai di tujuannya.
23.
Siti Jenar
pamengkuning urip // aneng donya punika
pralaya // nyipta rinten ratri maot // purwaning kuna idhup // ngunandika
Pangeran Sitibrit // ngungun rumaket pejah // kyeh nraka kerasuk // lara lapa
adhem panas // putek bingung risi susah jroning pati // seje urip kang mulya.
Siti Jenar telah
memahami hakikat hidup // dunia adalah alam kematian // siang dan malam adalah
alam kematian // awal sebelumnya adalah dari hidup // berkatalah Pangeran
Sitibrit // heran berada di alam kematian // bagaikan berada di dalam neraka //
sakit terasa panas dingin // pikiran buntu, binging, tidak enak, susah didalam
alam kematian// beda dengan hidup yang sebenarnya.
24.
Indhup mulya
jumeneng pribadi // nora lelantaran banyu bapa // sabarang karsane dhewe // tan
asal angin bayu // bumi geni kabeh kawadis // alaming karusakan // kyeh siksa
tinemu // Allah jumeneng sipat anyar // gothak-athik ngetutken panggawe silib.
Durjananign Agama.
Hidup bahagia
sekehendak pribadi // tidak berasal dari air sang ayah// segalanya terserah
sekehendak hati // tidak berasal dari angin dan air // tanah api semuanya
adalah baru // alam tempatnya yang bisa rusak // dan segala siksa ada // Jika
Allah dianggap bersifat baru // maka akan diada-adakan dan mengerjakan hal yang
salah // itu adalah perampok Agama.
25.
Punggung mudha
wong kadhadhung budi // cipta iblis lanat pikir setan // angen-angen jaba gedhe
// nenuntun maring dudu // wong katiban naraka api // saka panggendheng driya
// ngraket catur nepsu // ireng abang
kuning seta // pira-pira maleksa
makethi-kethi // rumasuk mring jiwangga.
Jiwa yang kerdil
banyak yang tertipu budi // Cipta iblis laknat pikiran setan //
Angan-angan-angannya mengajak kepada // perbuatan yang meyeleweng // Manusia
yang masuk ke dalam neraka // karena mengikuti ajakan pancaindra // yang
dipengaruhi oleh empat nafsu / Hitam nafsu luawamah, merah nafsu amarah, kuning
nafsu sufiayah dan putih nafsu mutmainah // jumlahnya termat banyak beribu-ribu
bahkan berjuta-juta // yang merasuki jiwa.
26.
Getun temen
uripku ing nguni // tetep sukci tan
kacakrabawa // nora arah nora enggon // ireng bang putih embuh // iji biru dadu
myang kuning // kapan sun bali marang // uripku rumuhun // wahyeng pati
madyapada // kok mangkono rasane wong darbe pati // wong mengku kayad anyar.
Menyesalu hidup
sebelum lahir ke dunia // tetap suci tidak terpengaruh apa-apa // di alam
sebelumnya tidak mengenal arah dan tidak mengnela tempat // hitam merah putih
belum ada // dan juga biru dadu dan semu kunging // kapankah saya akan kembali
seperti // hidupku dimasa itu // ketika hidup di alam kematian yang berupa
dunia // seperti inilah rasanya hidup di dunia merasakan alam kematian// bagi
semua orang yang mendapatkan kehidupan baru di dunia.
27.
Kayun anyar
kodrat iradati // elmu samak basar myang aliman // ngrekasa temen rasane //
panca pranawa kudus // kabeh wandaningsun sekalir // jro jaba ora ana // kang
ginawa mantuk // kanggo uripku neng kana // datan kena kabeh iki wujud najis //
jember tur dadya wisa.
Di dalam
kehidupan yang baru di dunia ini harus menerima kodrat dan iradat Tuhan // ilmu
mendengar melihat dan juga berbicara // sangat menyiksa rasanya // Lima panca
indra suci // semuanya berada pada raga saya // yang bersifat lahir maupun batin
semuanya tidak ada // yang akan dibawa ketika meningalkan dunia // sebagai
bekal hidup di alam selnjutnya // semuanya tidak ada yang bisa dibawa karena
semuanya berujud najis // kotor dan hanya sebagai bisa.
28.
Rupa-rupa gumelar
jroning pati // pati donya ngraket pancadriya // nganggo kayad kayun kiye //
cacah sipat rong puluh // meh kapencut dereng sun mati / panasaran mayuta //
swarga naraka gunggung // kabeh iku kena rusak // wujud bathang reged arus amis
bacin // cocok daliling Kur’an.
Bermacam-macam
keadan di alam kematian // dunia kematian lekat dengan pancaindra //
mempergunakan daya kehidupan // berupa sifat dua puuh // hampir saja saya ingin
mendapatkannya sebelum meninggal dunia // beserta berjuta-juta rasa penasaran
// yang berada di dalam surga dan neraka// semuanya itu bisa rusak // berujud
bangkai kotor berbau busuk // tepat sekali dalil dalam al-Qur’an.
29.
Wahama ngamaluje
patuni // gumlaring alam donya gusthika // lah bener temen maknane // mayid
pating bilulung // ngetan ngulon angupaya duwit// busana wastra mulya //
sesatya mas mancur // datan wruh kabeh gusthika // nunggang kreta siyas bondhi
iku mayid // prandene ambeg siya.
Bahwa digelarnya
alam dunia ini // oleh Tuhan // memang sangat tepat maknanya // berisi mayat
yang kebingungan // ke timur ke barat mencari uang dan // baju makanan dan
segala perhiasan // intan mas permata // sehingga lupa kepada Tuhan-Nya // dan
tidak sadar bahwa sedang naik kereta mayat sebagai mayat // tandanya adalah
berbuat sia-sia.
30.
Wong den seba
ngedhangkrang neng kursi // sugih bandha wismadi rinengga // bungah temen
panganggepe // apa ta nora weruh // barang gumelar donya sekalir // yun
pulastha wong kisma // prandene gumunggung // ojo wlas temen sun padha // nora
weruh ciri yen wandana mayit // de harda kumawawa.
Orang yang
menduduki kursi jabatan // kaya harta dan rumah megah // teramat bahagi
anggapannya // apakah tidak tau // bahwa segala yang ada di dunia // ketika
matinya hanya sendiri tanpa itu semua // akan tetapi kebanyakan manusia tetap
berlaku sombng // sungguh saya sangat prihatin // bahwa mereka tidak memahami
tubuhnya hanyalah mayat belaka // akan tetapi mengapa mereka mereka sangat
membanggakan dirinya sendiri.
31.
Drenging cipta
Jeng Pangeran Sitibrit // kayun kayad mampir raganira // nyipta kesasar parane
// donya neraka agung // mengku pancandriya kawadis // lumyat gumlar ing jagad
// surya surup-surup / wulan isining donyarja // rajabrana dadya panggodhaning
pati // marma tekad pulastha.
Dorongan perasaan
Pangeran Sitibrit // Air kehidupan merasuki raga mereka // jangan sampai
ciptanya tersesat // sama halnya hidup di neraka yang berupa dunia // karena
jiwanya dikuasai pancaindra yag menyesatkan // sehingga tidak akan bisa
menikmati gemerlap dunia // yang disinari matahari dan bulan serta gemerlap
dunia // yang berupa harta kekayaan sebagai penggoda pada kematiannya // yang
akan menysetkan ketika ajalnya.
Matur nuwun, suwun
BalasHapus